Analisa Fundamental 17 April 2013 : Biang Keladi Penyebab Harga Emas Turun

Analisa Fundamental 17 April 2013

Analisa Fundamental 17 April 2013

BIANG KELADI PENYEBAB HARGA EMAS TURUN

Analisa Fundamental 17 April 2013 Emas sebagai logam mulia dipercaya sebagai instrument investasi yang cenderung menguntungkan dan aman. Banyak orang percaya hal itu, mulai dari anak muda sampai orang tua sudah tahu tentang harga emas bakal naik secara jangka pangjang. Tapi apa yang terjadi belakangan ini membuat orang bertanya-tanya kenapa harga emas turun drastis?  Katanya harga emas akan naik terus kok malah turunnya tidak tanggung-tanggung seperti ini.
Harga emas mulai drastic turun sejak hari jumat 12 april lalu dimana sebelumnya berada dilevel $1560an hingga menyentuh level terendahnya  di $1321 atau telah turun sebanyak $240  atau 24.000 point hanya dalam waktu tiga hari saja.

Mau Tahu Siapa sih Biang Keladi Penyebab Harga Emas Turun?
Penyebab harga emas turun diantaranya:

  •        Pernyataan The  Federal Reserve (Bank Sentral AS) yang mengindikasikan akan dihentikannya program stimulus diakhir tahun ini. Program stimulus atau quantitative easing the Fed yang ketiga digelontorkan dibulan September tahun lalu, dimana dengan mencetak uang dalam jumlah besar untuk pembelian obligasi secara bertahap setiap bulan maksudnya untuk mendanai program percepatan ekonomi. Dengan mencetak uang secara besar-besaran maka dampaknya adalah melemahnya nilai mata uang Negara tersebut. Dengan melemahnya mata uang dollar AS maka angin segar  untuk menguatnya harga emas. investor akan memburu emas ketika dollar melemah.

Yang terjadi saat ini adalah kekhawatiran akan diakhirinya program stimulus the Fed sehingga membuat dollar akan menguat sehingga investor lebih memilih melepas emasnya

  •        Bank Sentral Negara Syprus dikabarkan menjual cadangan emasnya

Bank Sentral Siprus dikabarkan menjual cadangan emasnya sebanyak 14 ton untuk mendapatkan dana segar untuk membiayai perekonomian Negara. Siprus beberapa waktu lalu heboh diberitakan karena terbelit masalah krisis hutang perbankan Negara tersebut dan meminta bantuan dana bail out dari Uni Eropa.
Terus apa pengaruhnya dengan melemahnya harga emas sekarang ini? Dengan dijualnya emas secara besar-besaran maka harga emas dipasar akan anjlok. Dikhawatirkan bahwa Negara-negara kawasan eropa lainnya yang sedang mengalami masalah ekonomi akan menjual cadangan emasnya juga. Hal inilah yang menjadi pemicu para investor dipasar melepas emasnya sehingga terjadi aksi ‘panic selling’ atau maraknya aksi jual emas yang membuat emas terdorong jatuh dan jatuh sampai harga terendah selama 2,5 tahun di level $1321 per ons.

  •        Satu lagi factor penyebab harga emas turun adalah Melemahnya data ekonomi  China.

Senin lalu data ekonomi China yaitu GDP dan Industrial Production dirilis menurun dari hasil diperiode sebelumnya. China yang merupakan Negara konsumen emas terbesar didunia dinilai mengalami perlambatan pertumbuhan ekonominya dikuartal pertama tahun ini. Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi China dapat membuat berkurangnya permintaan emas fisik dipasar global.

Hal-hal inilah yang membuat para investor melakukan aksi jual emas yang membuat emas terjun bebas.
Disaat harga emas sedang dilevel terendahnya saat ini adalah kesempatan bagi investor untuk kembali membeli emas fisik. Pada perdagangan hari selasa 16 april, emas mengalami rebound meninggalkan harga rendahnya menuju $1400. Terpantau ada aksi beli logam mulia sehingga harga emas mulai naik

Apakah Emas sudah mulai Rebound?
Untuk saat ini belum ada signal rebound atau berganti tren bearish menjadi bullish. Karena secara grafik mingguannya masih kuat untuk turun. Bagi para investor trading emas berjangka dapat mengambil posisi day trade untuk mengambil posisi CLICK HERE

|

AUTHOR by Swendy

Incoming search terms:

  • mengapa harga emas turun drastis
  • penyebab emas turun
  • penyebab harga emas turun drastis
  • kenapa harga logam mulia turun