Tren Harga Emas

 

tren harga emas

tren harga emas

Bagaimana tren harga emas dunia tahun ini? Apakah Naik, turun atau sideway?

Menurut salah satu bank investasi terkenal dunia Citigroup mengeluarkan analisisnya yaitu memangkas proyeksi emas untuk tahun 2013 sebesar 4,2% menjadi $1675 per troy ounce. Mereka juga menurunkan proyeksi untuk tahun 2014 sebesar 0,2% menjadi $1653/oz.

“Pergerakan beberapa waktu yang lalu telah menghantarkan emas hingga ke level teknikal $1800/oz, meskipun kondisi yang terlihat kondusif seperti suku bunga di rekor rendah dan ketidakpastian fiskal telah membuat kalangan investor meragukan kenaikan emas,” kata salah seorang analis citi group.

Citigroup melihat adanya beberapa faktor yang berpotensi menekan harga emas pada tahun ini, seperti pembelian emas oleh Bank Sentral yang telah menurun jauh dari level puncak yang tercatat pada tahun 2009 silam. Permintaan untuk perhiasan juga terus menurun, begitu pula dengan permintaan dari sektor swasta yang diperkirakan akan segera mengikuti.

Apakah benar bahwa harga emas akan turun, akan kita cermati bersama-sama.      Memang sepanjang tahun 2013 ini (sudah memasuki bulan ketiga) harga emas cenderung mengalami penurunan.

Penyebab tren harga emas menurun antara lain:

1.       Membaiknya data ekonomi Amerika Serikat

Hal ini memberikan gambaran bahwa perekonomian negara terbesar didunia ini sedang pemulihan. Nilai dollar AS juga dilaporkan menguat . Menguatnya nilai dollar menyebabkan emas menjadi turun.

2.       Permintaan terhadap emas fisik mengalami penuruan

Secara global terjadi penurunan terhadap permintaan emas fisik (belum dapat angka pastinya sampai saat ini). Berkurangnya permintaan terhadap emas membuat harga komoditas tersebut melemah

 

Sebenarnya masih ada lagi faktor-faktor yang menyebabkan penurunan harga emas, namun secara sederhana penulis memberikan gambaran untuk dua point diatas.

 

Sementara Apa sih yang membuat harga emas  itu Naik turun :

Faktor Yang Membuat Harga Emas Turun Naik

1.       Target Inflasi suatu negara ternyata meleset
Satu hal yang membuat tren harga emas turun naik salah satunya karena target Inflasi suatu negara yang meleset dari perkiraan yang telah diprediksi. Harga emas bisa saja melonjak tinggi ketika negara mengumumkan inflasi yang akan dicapai pada suatu waktu namun keadaan ekonomi yang kacau membuat inflasi yang telah ditargetkan ternyata salah dan menjauh dari perkiraan. Emas akan semakin dicari-cari dan harga emas yang tadinya stabil akan segera melonjak.

2.       Adanya kenaikan harga – harga kebutuhan atau kebutuhan finansial
Naiknya harga harga barang kebutuhan tentunya turut menjadi faktor yang mendorong pergerakan harga emas. Misalnya saja di Indonesia ketika terjadi kerusuhan pada tahun 1998 dulu yang mengakibatkan Rupiah menembus level yang tidak wajar mencapai 18.000, pada saat itu harga emas sangatlah mahal karena Emas susah dicari dan juga faktor harga harga kebutuhan pokok yang turut mempengaruhi harga emas.

3.       Harga Minyak Dunia
Faktor Harga Minyak Dunia juga berandil besar dalam menentukan harga emas. Harga Minyak yang naik mendorong harga emas ikut naik. Terlebih jika terjadi kekacauan dalam satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar seperti yang sekarang ini terjadi di Selat Hormuz bisa membuat harga emas yang tadinya stabil akan melonjak tinggi mengikuti kenaikan harga minyak.

4.       Meningkatnya ‘demand’ akan emas
Permintaan emas yang melonjak akan membuat harga emas terus berkembang naik. Jika terjadi permintaan emas yang signifikan di seluruh dunia bisa membuat harga emas akan terus melonjak sampai permintaan menurun. Banyak negara negara pengolah emas dan juga pemakai emas terbanyak. Contoh negara yang memakai emas terbanyak yaitu India dan Cina.
Kondisi dan stabilitas ekonomi dunia

5.       Seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun-tahun lalu merupakan tahun keterpurukan bagi sebagian negara di Eropa dan Amerika. Terlebih ketika krisis ekonomi global mendera dunia pada tahun 2010 lalu. Keadaan yang demikian membuat harga emas bisa turut melonjak dibanding biasanya. Situasi terparah yang belakangan terjadi seperti penyerangan AS terhadap negara Irak, salah negara pengekspor minyak terbesar. Akibatnya para pemain saham yang tadinya mengandalkan mata uang sebagai komoditas sahamnya kemudian beralih bermain saham menggunakan emas ataupun investasi emas. Hal ini mendorong permintaan akan emas naik dan harga emasakhirnya melonjak cukup tajam pada saat itu.

6.       Kurs Dollar
Dollar merupakan mata uang utama di dunia. Sebagai mata uang terbesar dan menjadi dasar perhitungan mata uang di seluruh dunia menjadikan Dollar harus tetap stabil karena pergerakan Dollar turut menggerakkan harga emas. Perlu diketahui juga krisis keuangan yang menimpa Amerika 2 tahun terakhir membuat Dollar sedikit melemah terhadap mata uang lain di dunia. Ketika Dollar melemah maka harga emas yang tadinya stabil  dan rendah akan melonjak tinggi.

 

Dipekan terakhir bulan maret ini, dunia dikhawatirkan dengan munculnya krisis di Negara Siprus. Negara kepulauan kecil di Laut Mediterania itu mengalami krisis keuangan yang nyaris menuju kebangkrutan.

Kondisi krisis dinegara anggota uni eropa tersebut turut membawa emas sebagai asset pengaman resiko menjadi menguat diatas level $1600 per troy ons. Apabila ada langkah kemajuan mengatasi krisis Negara tersebut maka diprediksi harga emas mengalami pelemahan kembali

|

Dapatkan Sinyal SimPro To Entry Market untuk Analisa Trading Anda, 

Informasi : Call Me 082125608125 / Pin BB TEAM SIMPRO : 2A6066FB

Incoming search terms:

  • harga emas tahun 1993
  • faktor tren emas naik
  • faktor yang mempengaruhi tren harga emas